4 Cara Mengembalikan Data Sesudah Factory Reset

– Berhasil! Cara mengembalikan data Android sesudah factory reset sanggup dilakukan dengan tiga pilihan simpel yang akan saya jelaskan berikut ini. Saya yaitu salah satu pengguna Android yang sering melaksanakan factory reset Android secara terjadwal. Hal ini dilakukan supaya smartphone saya tetap negbut meski sudah berumur. Well, kalo boleh jujur smartphone ini saya gunakan untuk praktek terhadap tips dan trik Android yang ada diblog ini.

Tanpa factory reset secara berkala, saya rasa samartphone tidak akan selalu berkinerja cepat alias simpel lemot. Namun untuk sebagian pengguna baru, mereset akan menjadikan kekhawatiran sebab belum mengetahui cara mengembalikan data factory reset. Tetapi sebenarnya, setiap brand smartphone dengan Android OS apapun baik itu dari Samsung galaxy, Oppo, Lenovo, Xiaomi, ASUS Zenfone, Sony Xperia, Google Pixel, Nexus, Andromax dan brand lainnya sudah dibekali dengan fitur backup. Yaitu sebuah fungsi untuk mengembalikan data Android yang di reset. Lalu bagaimana cara melakukannya?

Cara mengembalikan data Android sesudah factory reset 4 Cara Mengembalikan Data Setelah Factory Reset

Cara Mengembalikan Data Hilang Setelah Factory Reset

Hanya sedikit insiden yang mungkin sanggup menimpa Anda dikala factory reset Android tanpa disadari. Sebenarnya, insiden factory reset Android secara tidak sengaja sanggup ditangani kalau kita telah mengaktifkan fitur backup. Fitur ini sudah disediakan oleh Google atau Samsung backup yang mana data dari akun yang telah disinkronisasi akan disimpan ke server secara online dan aman. Dan backup yang kedia sanggup dilakukan secara offline yaitu memakai aplikasi Helium.

Fitur backup my data yang ada didalam smartphoe intinya akan menyimpan banyak sekali data dan pengaturan dari akun yang tertaut dengan smartphone yang Anda gunakan. Misalnya kontak, password wifi, foto dan video yang sudah diupload ke aplikasi google photo, data aplikasi dan lain sebagainya dengan aman. Sehingga Anda tidak perlu repot untuk menyalin dan memindahkannya terlebih dulu ke prangkat lain. Dan kunci utama untuk mengembalikan data android yang di reset yaitu dengan memakai akun yang sama.

Cara Mengembalikan Data Setelah di Reset Menggunakan Fitur Backup

Sebelum saya menjelaskan secara rinci, ada baiknya saya menawarkan sedikit langkah bagi Anda yang belum mengetahui fitur backup my data ini. Caranya Anda sanggup masuk ke dalam Settings kemudian centang atau aktifkan Backup and restore. Pastikan pada sajian “Backup account” yaitu alamat email dari akun google (Gmail) Anda. Anda sanggup membaca panduan secara lengkapnya melalui tutorial yang pernah saya buat ini Cara Backup Data Android Sebelum Factory Reset.
1. Mengembalikan Data Setelah Factory Reset Dari Google
Cara mengembalikan data Android sesudah factory reset 4 Cara Mengembalikan Data Setelah Factory Reset

Setelah Anda mengembalikan perangkat ke pengaturan awal. Kini smartphone akan kembali menyerupai baru. Pastikan Anda terkoneksi ke internet melalui wifi atau koneksi cepat menyerupai 4G. Hidupkan smartphone dan set up perangkat tersebut dengan akun google yang telah mendapatkan data backup. Selama proses set up akun google ini, Anda akan diberi pilihan untuk me-restore semua data yang telah disinkronisasikan. Termasuk akan menginstall ulang semua aplikasi yang gres saja terpasang di smartphone tersebut dan mengembalikan pengaturannya.

2. Cara Restore Data Setelah Factory Reset Dari Pengatuan
Jika Anda memutuskan tidak ingin melaksanakan set up awal memakai akun yang telah mendapatkan backup data. Boleh saja, contohnya Anda menciptakan akun google gres yang berjulukan B sementara akun yang mendapatkan backup yaitu A. tetapi sesudah proses set up awal selesai memakai akun B tersebut, kini masuk Settings » Account » +Add account pilih Google kemudian log in kan lagi ke akun A. Selanjutnya, sinkronisasikan akun google A tersebut dengan smartphone yang gres saja di factory reset supaya kontak dan data dikembalikan. Untuk mengembalikan foto menyerupai di aplikasi Google Photos pastikan Anda menentukan akun A.
Baca juga:

3. Cara Restore Data Setelah Factory Reset Menggunakan Akun Samsung
Cara mengembalikan data Android sesudah factory reset 4 Cara Mengembalikan Data Setelah Factory Reset
Untuk cara yang ketiga ini khusus bagi Anda para pengguna Samsung. Didalam pengaturan, kita sanggup menambahkan samsung account yang juga berfungsi untuk memback up data dari smartphone yang Anda gunakan. Pertama kita harus mengaktifkan fitur backup terlebih dahulu. Kemudain sesudah perangkat tersebut di factory reset selanjutanya restorelah data melalui Settings » Accounts » Samsung Account » Restore.

4. Cara Mengembalikan Data Setelah Factory Reset Menggunakan Software/Program
Well, kalau Anda tidak sanggup mengambalikan data sesudah smartphone dikembalikan ke pengaturan pabrik sebab tidak pernah mengaktifkan fitur backup. Maka solusi selanjutnya yaitu dengan cara memakai kegiatan komputer menyerupai Dr.Fone Android Recover, Gihosoft Android Recovery atau Jihosoft Mobile Recovery. Install programnya di PC kemudian sambungkan melalui kabel USB. Dan jangan lupa untuk Cara Mengaktifkan USB Debugging Di Android. Software tersebut akan cara mengembalikan file terhapus di Android akhir Anda tidak sengaja melaksanakan factory reset.

Kesimpulannya, Fitur factory reset memang sangat membantu kita untuk membersihkan Android supaya sanggup kembali beekinerja dengan baik. Dan supaya Anda tidak kehilangan data, sanggup mengikuti langkah dari Cara Mengembalikan Data Android Setelah Factory Reset diatas. Jika Anda mempunyai kendala, silahkan bertanya dikolom komentar.
Baca juga:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel